[tentang] Mengunjungi Rumah Sakit di Jepang

Ketika untuk pertama kalinya saya [iseng] maen-maen ke rumah sakit, dengan kemampuan bahasa jepang yang memprihatinkan, dan kemampuan bahasa tubuh yang ke-pede-an^^.


Karena terdorong ribuan cinta suami[lebay.com] yang uda belain nggak ngampus ,cuma buat nemenin saya periksa ke rumah sakit, saya pun dengan mau nggak mau [tapi hati senang] melenggang ke rumah sakit [deket apa-to]. Huwaa, check kehamilan nih ceritanya,,,hadahh jangan girang dulu :p..check kesehatan kok. Jadi sebelum berangkat ke sini saya didiagnosa dokter kena Hyperthyroid dan disuplai obat untuk penyembuhannya. Sebenernya setiap bulan saya musti check darah buat tau kondisinya membaik, memburuk, atau tetap. Tetapi karena kondisinya begitu dateng ke sini, saya dan suami "ditempatkan" jauh dari kota maka saya pun [dengan gembira] menggunakannya sebagai alesan buat nggak check darah dulu.
Nah, sekarang saya nggak ada alesan lagi, selain ternyata muncul keluhan2 baru yang bikin badan saya juga kurang nyaman. Apalagi rasa bersalah kalo suami uda nggak ngampus cuma belain mau nganter ke rumah sakit, maka pergilah saya. Alhamdulillahnya rumah sakitnya deket sama rumah, sekitar 10 menit nyampailah kita di rumah sakit. Dan begitu masuk, kami langsung berpandangan dan tersenyum, memandangi segala macam huruf kanji yang betebaran tidak manusiawi^^.
Saya : "Mas, pernah kerumah sakit?"*sambil duduk dibangku tunggu dan jelalatan nyari tulisan yang kali kali readable^^*.
suami : "pernah, tapi jenguk temen aja". *senyum*
saya : *gubrakkk*.

Dan karena sama2 belum pernah tahu bagaimana proses periksa di rumah sakit, kamipun berdua khusuk memperhatikan sekitar. Didekat pintu masuk ada mesin seperti atm, yang bertuliskan masukkan kartu anda *ngarang^^*, yah karena nggak ada kartu apapun, maka saya pun [atas dorongan suami] berinisiatif ke meja resepsionis,
Saya : "Konnichiha, sumimasen, hajimete kitandesukedo, dou sureba ii deshouka". [selamat siang, maaf ini pertama kalinya saya datang kesini, baiknya gimana ya?]
Resepsionis : blukutuk blukutuk bla bla * yang artinya: oh silahkan isi form di meja sebelah kanan kemudian bawa kesini yaaa...* ^^.

Mari kita skip proses heboh pengisian form [yang isinya kanji semua] dan langsung menuju ke proses selanjutnya yang ternyata tetep heboh juga :D. Setelah diminta memberikan kartu asuransi kesehatan dll, akhirnya saya dapat kartu berikut, dan nomor tunggu, kemudian dipersilahkan nunggu didepan ruang 内科(naika), [penyakit dalam].

Ketika proses menunggu karena baru pertama kali, maka sang perawat nyodorin ke saya termometer yang tentu saja buat ngukur suhu badan^^, dan selembar form [yang masih tetep isinya kanji semua] buat diisi, yang didalamnya ada pertanyaan2 tentang kondisi badan kita, symphtoms yang kita rasa, penyakit yang kita derita, obat yang mungkin bikin kita alergi dll. Dan karena nggak bisa nulis kanji dengan polosnya saya nyerahin lagi form tadi dalam keadaan terisi, kolom suhu badannya saja :D. Dan subhanallah, para perawat cantik ini sangat ramah, karena kemudian ngebantuin saya ngisi form sesuai dengan apa yg saya sampaikan.

Di dalam, ketika melihat saya, pertama kali yang ditanyakan dokter adalah, "apakah anda berjenis manusia???" halaahh,, bukan. Sensei menanyakan "kamu bisa bahasa jepang??", dan dengan polos saya cuma meringis sambil memberikan syarat tangan membentuk simbol sedikit sambil bilang "chotto dake desu" [bisa sedikit], dan sang dokter pun mulai menarik nafas panjanggg^^. Selanjutnya mari kita skip lagi pembicaraan saya dan dokter , dan menutup lembar gelap betapa desperatenya dokter berbicara dengan saya, dan betapa innocentnya saya menanggapinya^^. Oh ya FYI, dokter di jepang jd disebut sensei. Dan hasilnya saya diminta untuk 採血検査(saiketsukensa)[check darah], sedang keluhan yang lain ternyata saya musti ke bagian 整形外科(seikeigeka)[orthopedic] buat checknya karena tidak berhubungan dengan penyakit dalam. Tapi karena bagian orthopedic cuma buka 午前(gozen)[morning, a.m], saya pun jadinya cuma check darah.

Saat check darah, hehe alatnya bagus,,ngga ada tuh suntikan yang jarum ditusuk trus disedot darahnya, jadi begitu jarum dimasukkan,,otomatis darahnya tertarik keluar, jadi gapake suntikan manual gitu , omoshirokatta^^[ndeso.com]. Sambil ngambil darah, 2 orang suster yang mendampingi ngajakin saya ngobrol juga,,,fuhh fuhfuuh *ngelap keringat^^*. Dari pembicaraan basi basi sampai akhirnya membicarakan tentang islam, karena subhanallah salah satu dari keduanya sangat mengerti tentang islam, maksudnya tentang bagaimana berpakaian wanita muslim, tentang sekarang kami sedang 断食(danjiki) [puasa] ramadhan, dan dengan pembicaraan kami, menambah pengetahuan beliau2 bahwa muslimah ternyata tidak hanya menutupi aurat dengan pakaian serba hitam dan menyeramkan[seperti yang mereka lihat di tv], tetapi bisa juga terlihat menarik dalam balutan warna2 lain. Saking interestnya 2 perawat ini sampai heboh sekali dan saya jadi tertahan agak lama di dalam, tapi alhamdulillah meskipun dengan bahasa jepang yang terbata2, saya sangat bersyukur atas sedikit kesempatan yang Allah berikan untuk membahas tentang islam bersama para pengambil darah saya ini :p.

Sampai diluar suami langsung nanya nggak ada apa2 kan kok heboh sekali sepertinya didalam, dan bersyukur juga karena kehebohan itu bukan kehebohan yang menghawatirkan[seperti yang biasa sang istri lakukan^^], tetapi insyaAllah kehebohan yang menggembirakan^^. Dan Kepergian kami ke rumah sakit hari ini ditutup dengan ucapan "odaijini" [semoga cepat sembuh] hehe ngarang,,ya begitulah, aminn.

Alhamdulillah misi ke rumah sakit hari ini accomplishdeshita^^.

1 comments:



Ly said...

Assalamu'alaykum wr wb
Salam kenal juga..^^
Hidup diluar negri sendiri memang seperti petualangan!